PROPOSAL SKB
“ANGKRINGAN DE BAMBOOE”
Dosen
Pengampu Bp. Hadi Ismanto., S.E., M.M
M.
Yunies edward, S.E., M.M

Disusun Oleh :
1.
Muhammad
Syaifudin (161110002030)
Kelas
MF
Prodi
Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA’
Th. 2017/2018
Puji syukur Penulis ucapkan atas
kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunianya penulis masih diberi kesempatan
untuk bekerja sama untuk menyelesaikan Proposal ini. Dimana Proposal ini merupakan salah satu dari materri mata kuliah
yaitu Studi Kelayakan
Bisnis yang berjudul Angkringan
De Bambooe,
Tidak lupa Penulis ucapkan terimakasih kepada Dosen
pembimbing yang telah memberikan arahan dalam menyelesaikan proposal ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih banyak kekurangan. Oleh
sebab itu Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun selaku
saya harapkan demi kesempurnaan proposal ini. Dan semoga dengan selesainya
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin ya robbal
alamin.
Akhir kata, Penulis ucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini dari
awal sampai akhir penyelesaian. Semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan
bagi yang membacanya. Maaf jika masih ada banyak kesalahan dalam penulisan.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih
Jepara, 1 April 2017
Penulis
gambar 1
Makanan adalah
kebutuhan pokok bagi manusia yang paling utama, dan penyediaan tempat makan
yang aman dan nyaman adalah sebuah sub yang harus diperhatikan pula untuk
penciptaan sebuah kenyamanan menjajakan makanannya.
Usaha yang kami
akan gagas merupakan sebuah tempat makan sederhana yang sering diburu oleh para
mahasiswa, para pelajar atau pun khalayak muda lainnyadengan konsep yang
seperti cafe tentunya masyarakat tidak akan berpikir panjang untuk masuk dan
menyantap hidangan karena harga yang relatif murah sebanding dengan di pasaran.
Tempat makan
itu bisa dibilang angkringan, namun angkringan yang kami akan gagas merupakan
angkringan yang beda dengan angkringan-angkrian sedia kalanya. Angkringan kami
akan lebih mengedepankan dari segi kwalitas, kwantitas dan akan lebih terkonsep
dari isi, tempat dan layanannya dan didukung dengan teknologi modern. Dalam
angkringan yang akan kami gagas, menyediakan berbagai makanan berat, ringan dan
berbagai minuman yang digemari oleh semua golongan yang bertujuan untuk
pemuasan konsumen.
Harapannya
usaha yang kami akan gagas memberikan ide baru untuk para generasi muda yang
ingin berwirausaha, dan mampu diterima dengan baik oleh para pecinta kuliner di
Jepara khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya. Dala bisnis ini Angkringan De Bambooe
memfasilitasi teknologi modern seperti wifi, game, dan komputer yang mana dapat
menarik para pelajar, Mahasiswa dan masyarakat lainnya terlebih pada zaman
sekarang yang serba canggih dalam dunia smartphone mendukung yang membutuhkan
koneksi internet tentunya usaha ini akan menarik masyarakat untuk bersantai di
angkringan ini.
Mencari pekerjaan pada masa sekarang ini
menurut pandangan orang merupakan hal yang cukup sulit. Karena banyak pesaing
dan kompetensi yang ditawarkan sangat beragam. Banyak sekali calon pekerja yang
berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintah atau swasta, tetapi lapangan
pekerjaan saat ini sangat terbatas, sebagai
mahasiswa tentunya kita berkeinginan untuk menjadi wirausaha karena tak
selamanya kita menjadi buruh maka dari itu berpikir inovatif dan kreatif perlu
dikembangkan untuk meraih kesuksesan salah satunya adalah wirausaha. Wirausaha
merupakan salah satu peluang usaha untuk mengatasi masalah meningkatnya jumlah
pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan
wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat
banyak, menciptakan lapangan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya dengan berbisnis
membuka usaha warung nasi kucing atau angkringan untuk tempat bersantai. Jenis
usaha ini memang banyak sekali yang sudah berdiri namun dalam hal ini konsep
kami berbeda dengan yang lainnya. Usaha berjenis pengganjal perut ini memang
terkenal paling bandel dalam cara bertahannya melawan kondisi ekonomi baik
ekonomi lagi seret.
Kenapa memilih bisnis angkringan?
Karena semua orang butuh makan dan butuh hidup. Untuk hidup diperlukan
makan dan minum dan tempat yang asyik untuk ngobrol bareng. Angkringan merupakan suatu konsep berjualan makanan dan minuman yang asyik
untuk mengobrol dan bersantai. karena dengan harganya yang murah meriah yang
hampir bisa di jangkau oleh semua kalangan masyarakat. Angkringan
De bambooe adalah suatu usaha makanan yang kami buka untuk
semua kalangan mayarakat yaitu sebuah warung multi-user yang tidak
memperlihatkan status
sosial, dari yang berpehangsilan kecil maupun besar, baik pelajar, petani,
mahasiswa, tukang kuli,
anak-anak perantauan, mahasiswa, budayawan dan seniman, karyawan hingga
eksekutif. Dalam usaha ini kami menekankan pada kualitas makanan dan kenyamanan
pembeli, sehingga pembeli merasakan nyaman dan puas.
Tak hanya itu kami juga memasang free Hospot area dan
fasilitas yang berbau teknologi untuk menarik konsumen agar mampir atau
nongkrong ditempat ini, bahakan bagi pelajar / mahasiswa bisa mengerjakan
tugasnya dengan nyaman. Dengan model bisnis
strategi pemasaran dan pelayanan yang baik serta
didukung dengan teknologi seperti ini mempunyai
peluang yang bagus untuk kedepannya.
Usaha kami ini dibilang usaha
merupakan usaha perluasan yang sudah tidak asing lagi dengan kata angkringan
namun usaha ini berkonsep angkringan yang mengedepankan kualitas produk dan
kenyamanan untuk bersantai dan berkumpul dengan teman. usaha yang terlihat
sederhana namun memiliki ciri khas tersendiri ini sebagai langkah persaingan
dengan angkringan yang lain. meskipum angkringan yang ada sekarang sudah banyak
baik di perkotaan maupun pelosok gang desa. kami tetap yakin dengan konsep
usaha angkringan ini yang memfasilitasi kenyamanan tempat dan didukung oleh
free hospot, selain itu kami juga merentalkan game PS dan komputer sebagai
jenis lain dari pendukung usaha ini. Dan ini akan menarik para kaula muda untuk
menyantap menu yang ada sambil bersantai, karena dalam konsep ini menu yang
ditawarkan sangat beragam jenis nya. Dengan adanya pendukung tersebut pastinya
akan memberikan manfaat kepada kaula muda untuk mengakses internet unlimited,
menghilangkan penat dengan bermain game, dan membantu Pelajar/mahasiswa yang
ingin mengerjakan tugas sekolah.
a.
Memberikan
fasilitas pelajar/mahasiswa untuk
mengerjakan tugas
b.
Memenuhi kebutuhan
makan pada siang sampai malam hari
c.
Mengefisiensikan
pengeluaran bagi masyarakat luas yang cenderung menghabiskan waktu di wilayah
penjualan nasi kucing yang di pakai ngumpul anak-anak muda dan masyarakat
d.
Menghilangkan
srata sosial yang ada dan semua pembeli sama adanya.
.
Berikut
ini adalah hasil analisis untuk memerlukan kelayakan bisnis ini:
A.
Potensi Pasar
Lokasi tempat usaha yang strategis karena berada di pinggir jalan yang dilewati oleh banyak kendaraan serta dekatdengan dengan RSU Kartinidn pom bensindan Pesaing yang belum ada karena memang di sekitar area usaha belum ada yang mendirikan usaha Angkringan di siang hari sampai malam. Dalam bisnis ini pasar yang dituju adalah untuk semua kaula muda sampai orang dewasa baik pelajar maupun mahasiswa usia . Kami melihat persaingan pasar yang terjadi pada saat ini khususnya daerah Jepara sangat banyak namun kami membuat konsep yang berbeda dengan angkringan lainnya yaitu seperti cafe yang dan harga yang di patok juga terjangkau untuk semua kalangan. supaya pelanggan merasa puas kami juga memberikan pelayanan yang ramah dan tempat yang nyaman serta didukung dengan adanya wifi gratis, dan dalam hal ini kami juga menyewakan komputer dan game PS dan tentunya ini akan menarik minat kaula muda untuk mampir di angkringan bambooe ini.
B.
Perkembangan
Pasar
Usaha angrkingan kami yang bernama “Angkringan De Bambooe”,
didalamnya kami tidak hanya menyediakan hidangan makanan saja namun dalam usaha kami juga menyediakan
hot spot gratis, Selain
itu kami juga menyediakan rental PS dan
internet.
C. Permintan Pasar
1.
Prospek permintaan
dimasa saat ini
Dengan melihat sifat manusia yang cenderung konsumtif dan lebih praktis
dengan makanan cepat saji maka usaha ini peluangnya sagat besar, permintaan
akan maka kebutuhan makanan dan minuman pada siang hari dan malam hari semakin
meningkat seiring dengan kebiasaan mahasiswa, pelajar yang senang berkumpul dan ngobrol-ngobrol
disaat jam-jam istirahat sampai jam pulang, dan masyarakat terlebih kaula
muda yang suka keluar malam untuk menghilangkan penat dan bertemu teman
menjadikan bisnis ini sangat menjajikan
2.
Prospek permintaan di masa yang akan
datang
kebutuhan akan makanan pada jam istirahat sampai tengah malam sangat
banyak. Dengan meningkatnya pendapatan, aktivitas masyarakat
dan gaya hidup membuat masyarakat untuk ngumpul dan akan menjadi
kebiasaan dari masyarakat dan kaula muda karena dijam
istirahat dan pulang tentunya mahasiswa dan pelajar akan berkumpul dan
bersantai untuk menghilangkan penat terlebih malam hari yang ketika merasakan
lapar masyarakat dapat membeli makanan diangkringan dan sambil bersantai
menikmati suasana malam.
D. Penawaran Pasar
1.
Prospek penawaran di masa saat ini
Dengan
melihat sifat manusia yang cenderung bersifat konsumtif, dan lebih praktis
dengan makanan cepat saji maka usaha ini peluangnya sangat besar. Makanan dan minuman dengan harga
terjangkau namun kualitas dapat dibandingkan dengan makanan dan minuman yang di
jual dengan harga mahal. Karena kami menjual produk yang dapat terjangkau oleh
semua golongan, khusunya mahasiswa,pelajar dan kaula muda yang sangat identik
dengan angkringan ini. Agar konsumen tidak berpaling ke produk orang lain,
maka sebisa mungkin kami jaga kualitas cita rasa makanan yang akan ditawarkan
kepada konsumen. Karena dalam menjalankan bisnis makanan, cita rasa produk
makanan yang lezat menjadi kunci utama sebuah bisnis untuk mencapai kesuksesan
2.
Prospek penawaran di masa yang akan
datang
Mengingat
adanya peluang yang besar dalam usaha angkringan pada masa
yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai
lebih dan manfaat bagi konsumen. Dalam hal ini produk yang kami tawarkan selalu
dalam keaadaan panas dan kami kasih sambal supaya konsumen menikmatinya dan
kami memberikan layanan wifi gratis untuk menarik konsumen.
E.
Analisi
Persaingan dengan pendekatan SWOT
Analisis SWOT berikut menagkap kekuatan dan
kelemahan utama usaha dan menggambarkan peluang serta ancaman yang dihadapi
angkringan.
1. Strength (kekuatan)
a)
Harganya merakyat
murah dan penyajiannya yang sangat praktis
b)
Pelayanan
yang ramah dan suasana yang santai penuh kekeluargaan dan keakraban baik dari
pedagangnya maupun dari para pembelinya.
c)
Variasi
produk yang dijual banyak dan harganya terjangkau.
d)
Tempat
yang nyaman dengan konsep lesehan maupun ditempat duduk
e)
Bahan Baku yang mudah
dicari dan makanan yang dijual familiar bagi konsumen
f)
Belum banyak
angkringan yang memasang wifi gratis untuk
browing menjelajah internet dan memasang musik
g)
Adanya game PS dan
Komputer untuk mengerjakan tugas dan bermain
h)
Adanya lcd
proyektor untuk menonton bola atau film
2. Weeknes (kelemahan)
a)
Modal untuk memulai usaha
masih kurang
b)
Kenaikan harga bahan baku
c)
Terbatasnya pramusaji yang
bertugas tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung yang datang, sehingga,
terkadang pelanggan akan menunggu minuman dihidangkan lebih lama dari waktu
yang seharusnya.
d)
Minimnya lahan parkir
yang tersedia mengakibatkan para pelanggan yang membawa kendaraan sendiri akan
berpikir dua kali untuk mengunjungi tempat tersebut.
3. Opportunity (peluang)
a)
Belum banyak tempat
makan Sederhana yang memasang Wifi
b)
Adanya dukungan dari masyarakat atau pihak terkait untuk mendirikan usaha
tersebut.
c)
Sifat manusia yang cenderung konsumtif.
d)
Jarangnya tempat
nongkrong untuk anak muda yang biasanya mencari tempat yang memiliki akses Wifi
4. Threat (ancaman)
a)
Banyaknya
penjual makanan di lingkungan sekitar
b)
Adanya Iklim yang tak menentu terlebih ketika musim hujan dan Wifi
terkadang memiliki gangguan
c)
Banyaknya produk sejenis di pasaran sehingga memungkinkan
pelanggan memasak sendiri di rumah
d)
Banyak pesaing yang
mengikuti konsep yang telah kita buat.
e)
Munculnya variasi makanan jajanan
dan produk competitor bersaing
f)
Selera konsumen variatif
Kami melihat
persaingan pasar yang terjadi pada saat ini khususnya daerah Tahunan, kami
melakukan eksplorasi untuk memberikan hal yang baru bagi pelanggan dengan
konsep yang berbeda dengan angrkinagn lainnya yaitu bukan angrkingan tenda biru
namun angkringan bernuansa kafe dan harga yang di patok juga terjangkau untuk
semua kalangan. Untuk membuat para pelanggan merasa puas kami juga memberikan
pelayanan yang ramah dan tempat yang nyaman. Kami tidak memberikan sekat antara
penjual dan pembeli, mereka bebas memilih sendiri makanan apa yang mereka sukai
dengan langsung mengambil dan langsung membayarnya karena kami menerapkan
makanan secara prasmanan.
1.
Analis
Pemasaran berdasarkan pada STP (Segmentasi Targeting, Positioning
a.
Segmentasi
Segmen yang bisa dijasikan sasaran
berdasarkan geografis tentunya adalah konsumen yang berada di daerah Kecamatan Tahunan desa bapangan. Jika ditentukan berdasarkan
demografis, maka yang menjadi segmen usaha Angkringan De Bambooe ini adalah pria atau wanita usia 10-25. Makanan
siap saji yang cocok untuk semua usia yang pada dasarnya memiliki sifat
konsumtif.
b.
Targeting
Targeting pasar dari usaha Angkringan De
bambooe ini adalah pelajar SMA SMK , mahasiswa unisnu, dan
semua masyarat kaula muda pria atau wanita usia 10-25
sampai dewasa
di daerah
Kota Jepara dan Kecamatan Tahunan. Alasan kami
memilih target yang kami jadikan sasaran karena harga yang kami tawarkan tidak
menguras kantong masyarakat sehinggasemua
kalangan dapat menikmati produk atau hidangan yang
kami buat.
c.
Positioning
Definisi
positioning menurut Kotler dan Keller (2009), adalah merupakan suatu
aktivitas perusahaan dalam memberikan suatu citra yang ditaruh di dalam benak
pikiran pasar sasaran atau target konsumen. Dari definisi ini dijelaskan bahwa positioning
memiliki tujuan untuk melokasikan suatu brand di dalam pikiran
konsumen agar dapat memberikan nilai tambah (manfaat) yang lebih kepada
perusahaan.
Pertama, pelayanan yang baik dan kebersihan harus dilakukan
terus menerus agar banyak pelanggan yang makan di angkringan kita. Kedua, produk berkualitas
disediakan sambal kemudian harga yang sesuai kantong konsumen.
Ketiga, mempunyai tempat
yang nyaman yang klasik agar pelanggan betah berada di
angkringan kita. Keempat, menyediakan
free hospot
2.
Analis
Pemasaran berdasarkan pada STP (Segmentasi Targeting, Positioning
Tentunya
untuk memasuki pasar tersebut diperlukan suatu strategi yang matang yang
meliputi Bauran pemasaran Angkringan De Bambooe ini tediri dari
pendekatan-pendekatan terhadap produk (product), penetapan harga (price),
tempat (place), promosi (promotion) yang dikenal dengan “marketing mix 4p”.
a. Produk (product)
Produk yang ditawarkan oleh Angkringan De Bambooe ini adalah produk yang
terjagkau untuk semua golongan yaitu dengan menu makanan adalah aneka gorengan
mulai dari pisang goreng, tahu goreng, tape goreng, mendoan,martabak, pisang
crispy, tela-tela, sate jeroan atau sate tusuk, sate telur puyuh bacem, sate
keong, sate kulit, sate bakso, sate jengkol, ceker ayam, kerupuk, bacem tahu,tahu
mie, tahu bakso, bacem kepala dan ekor. Burung dara goreng, Dan kami juga
menambahkan makan khas dari suatu angkringan yaitu nasi Merah teri, sego rames,
nasi sambel teri atau oseng tempe. nasi ayam sambel, nasi jeroan, nasi telur
udang, pepes jamur, pepes tahu,
Sementara minumnya kami menawarkan aneka teh panas, wedang jahe, kopi jahe,
susu jahe, wedang kopi, kopi susu, wedang jeruk, es sirup, Susu soda. Pop ice,
nutrisari, susu anget, es jeruk. Es suplemen stamina. Dalam produk nasi kami menyediakan sambal yaitu
untuk menemani makanan disetiap hidangan yang disajikan











b. Penetapan harga (price)
Penetapan harga merupakan salah satu strategi dalam penarikan pelanggan
dalam usaha kami ini. Kami mematok harga yang terjangkau untuk semua kalangan.
No.
|
Menu
|
Kisaran harga jual
|
1
|
Pisang Goreng
|
Rp.1.000
|
2
|
Tahu sayur,tape, bakwan,mendoan
|
Rp.500
|
3
|
Bacem tahu, tahu susur
|
Rp.1.000
|
4
|
Tahu bakso, tahu mercon,
|
Rp.1.500
|
5
|
Sate jengkol
|
Rp.2.000
|
6
|
Sate Kikil, keong, usus
|
Rp.2.000
|
7
|
Sate pentol,telur puyuh
|
Rp.2.500
|
8
|
Krupuk
|
Rp.1.000
|
9
|
Pepes jamur, tahu
|
Rp. 2500
|
10
|
Ceker ayam bacem
|
Rp. 1000
|
11
|
Sayap ayam bacem
|
Rp. 2500
|
12
|
Nasi Isi sambal :Teri srondeng,
rames, Ayam, Jeroan ayam, Telur udang,
|
Rp.2.000
|
13
|
Nasi Merah sambal pedho
|
Rp.2.500
|
14
|
Pisang Crispy coklat keju 1
porsi isi 6
|
Rp. 8.000
|
15
|
Martabak
|
Rp.10.000
|
16
|
Tela-tela
|
Rp.7.000
|
17
|
Minuman teh, sirup
|
Rp.2.000
|
18
|
Es/wedang Susu, Kopi hitam
|
Rp.3.000
|
19
|
Wedang Jahe, Jeruk, Nutrisari
|
Rp.2.500
|
20
|
Susu Soda gembira
|
Rp.9.000
|
21
|
Kopi susu, Jahe Susu, Kopi Jahe
|
Rp.4.000
|
22
|
Pop Ice
|
Rp.5.000
|
22
|
Es xtrajos, kuku bima,
|
Rp.3.000
|
No.
|
keterangan
|
Biaya sewa per jam
|
1
|
Internet
|
Rp. 3.000
|
2
|
Game PS
|
Rp. 4.000
|
c. Tempat (place)
Dalam pemilihan tempat kami memilih tempat yang sangat produktif yaitu
sekitar RSU, Pom bensin dan lingkungan pelajar baik dari kampus maupun sekolah
menengah ke atas kami memantapkan lokasi di dekat Pom bensin Bapangan pinggir
jalan raya Jl.Kh Wahid Hasyim (Barat RSU Kartini Jepara)
d. Promosi (promotion)
Promosi penting dalam usaha ini untuk mendatangkan banyak pelanggan. Kami
melakukan promosi dari mulut ke mulut, kemudian penyebaran Brosur ke sekolah, kampus
dan membuat spanduk untuk mempromosikan usaha ini tak hanya itu kami juga
mempromosikan melalui jejaring media sosial sepertifacebook,instalgram,bbm,Whatsapp
3.
Rincian Harga
pokok Produk perbulan
a.
Bahan Baku/ hari
|
|||||
NO
|
Keterangan
|
jumlah
|
satuan
|
haga
|
jumlah
|
1
|
Kopi Tempur
|
1/2
|
Kg
|
20.000
|
20.000
|
2
|
Kopi susu abc
|
2
|
renteng
|
10.000
|
20.000
|
3
|
Good day fres
|
2
|
Renteng
|
17.000
|
34.000
|
4
|
Kopi moca
|
2
|
Renteng
|
12.000
|
24.000
|
5
|
Nutrisari
|
2
|
Renteng
|
10.000
|
20.000
|
6
|
Xtrajos
|
1
|
Pack
|
7000
|
7.000
|
7
|
Kuku bima
|
1
|
pack
|
7000
|
7.000
|
8
|
soda
|
10
|
botol
|
3.500
|
35.000
|
9
|
Pop ice
|
1
|
renteng
|
25.000
|
25.000
|
10
|
Jahe
|
1/2
|
kg
|
8.500
|
8.500
|
![]() |
Teh
|
1
|
Pack
|
8.000
|
8.000
|
12
|
Jeruk
|
1/2
|
kg
|
3.500
|
3.500
|
13
|
Susu sachet
|
1
|
Renteng
|
7.500
|
7.500
|
14
|
Susu kaleng
|
1
|
Buah
|
9.500
|
9.500
|
15
|
Telur
|
1
|
Kg
|
20.000
|
20.000
|
16
|
Gula
|
1
|
Kg
|
16.000
|
16.000
|
17
|
beras
|
4
|
kg
|
10.000
|
40.000
|
18
|
Tepung terigu
|
2
|
kg
|
7.000
|
14.000
|
19
|
Bumbu masakan
|
30.000
|
30.000
|
||
20
|
Penyedap rasa
|
2.000
|
2.000
|
||
21
|
Kertas minyak
|
1
|
pack
|
7.000
|
7.000
|
22
|
keju
|
1
|
Per 35 gram
|
9.000
|
9.000
|
23
|
sayur
|
2
|
kg
|
5000
|
10.000
|
24
|
Sarimi
|
10
|
bungkus
|
1.500
|
15.000
|
25
|
Minyak goreng
|
1
|
kg
|
13.000
|
13.000
|
![]() |
air galon
|
2
|
galon
|
4.000
|
8.000
|
27
|
Tahu
|
70
|
kotak
|
400
|
28.000
|
28
|
tempe
|
25
|
Buah
|
1000
|
25.000
|
29
|
Jeroan
|
10
|
perbiji
|
2.500
|
25.000
|
30
|
ayam
|
1
|
kg
|
28.000
|
28.000
|
31
|
tape
|
1
|
Kg
|
5.000
|
5.000
|
32
|
Kikil
|
1
|
kg
|
20.000
|
20.000
|
33
|
Telur puyuh
|
1
|
Kg
|
26.000
|
26.000
|
34
|
Staples+isi
|
1
|
buah
|
10.000
|
10.000
|
35
|
plastik
|
2
|
Pack
|
2500
|
5.000
|
36
|
Pisang
|
2
|
Lirang
|
10.000
|
20.000
|
JUMLAH
|
605.000
|
![]() |
|||||
1
|
Gas
|
3
|
Buah
|
20.000
|
60.000
|
2
|
Spon
|
2
|
Buah
|
4.000
|
8.000
|
3
|
Sabun
|
1
|
bungkus
|
11.000
|
11.000
|
4
|
Plastik
|
3
|
bungkus
|
2.500
|
7.500
|
JUMLAH
|
|||||
C. Biaya
Operasional
|
|||||
1.
|
Biaya wifi
|
1
|
Bulan
|
300.000
|
|
2
|
Biaya
Listrik
|
1
|
Bulan
|
200.000
|
|
3
|
Biaya
Sewa Tempat
|
1
|
Bulan
|
700.000
|
|
4
|
Biaya Air
|
1
|
Bulan
|
50.000
|
|
5
|
Gaji juru
masak & pelayanan
|
1
|
Bulan
|
1.500.000
|
|
6
|
Gaji
keuangan& operasional
|
1
|
Bulan
|
1.500.000
|
|
JUMLAH
|
4.250.000
|
2.3.
Estimasi penjualan
Jika diasumsikan dalam satu hari minimal ada 50 orang konsumen
1.
Membeli nasi berarti :
50 x Rp 2.000 x 30 hari = Rp.3.000.000.
2.
Membeli menu minuman
berarti : 50 x Rp 2.000 x 30 = Rp 3.000.000.
3.
Membeli gorengan 50x500x30=
750.000,
4.
Membeli gorengan
25x1000x30= 750.000
5.
Membelipisang goreng
20x1000x30= 600.000
6.
Membeli mie rebus
+telor 5x6500x30= 975.000
7.
Membeli kopi tempur
50x3000x30= 4.500.000
8.
Membeli sate telur 20x2.500x30=1.500.000
9.
Membeli sate usus
20x2000x30= 1.200.000
10. Membeli
popice 10x5000x30= 1.500.000
11. Membeli
pisang crispy 5x8.000x30=1.200.000
12. Membeli
susu 15x3000x30=1.350.000
13. Membeli
susu soda 5x9.000x30= 1.350.000
14. Membeli
kopi susu 15x5.000x30=1.350.000
15. Rental
PS 7x4000x30= 840.000
16. Main
internet 5x3000x30= 450.000
17. Membeli
pepes 10x2500x30 = 750.000
18. Membeli
wedang jahe 15x3000x30= 1.350.000
Pendapatan
– Biaya Operasional-
Biaya Penolong-
Pembelian omzet
perbulan sebesar Rp 26.415.000. Keuntungan bersih dari usaha warung angkringan
: Rp 26.415.000 – Rp 4.250.000- Rp. 18.150.000 / Bulan. = 4.015.000
Usaha
angkringan ini menjual makanan dan minuman yang tanpa pemasok dari luar, namun
mengolahnya sendiri. kami memperhatikan perlengkapan yang di pakai untuk
menyajikan makanan tersebut. Dan juga kualitas kebersihan
lingkungan. Dari mulai gerobak yang menarik, perlengkapan memasak (seperti
kompor gas, dan wajan anti lengket), minyak yang kita pakai, kebersihan di
sekitar makanan yang kita sajikan dan Kami menawarkan harga produk
yang sesuai dengan target pasar
dan rata – rata sama dengan yang ditawarkan di pasar.
Lokasi merupakan salah satu
variabel yang penting bagi setiap usaha yang akan dilakukan, Dalam menentukan lokasinya
direncanakan tepatnya di daerah Bapangan Jl K.H
Wahid Hasyim barat SPBU bapangan kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara, letaknya di pinggir jalan
raya luas + 8x5 meter. lokasi ini lumayan dekat dengan pasar Jepara dan pasar
Tahunan serta yang dekat dengan rumah
sakit umum

gambar
6
pembelian
bahan baku dapat diperoleh di pasar Jepara dan pasar Tahunan yang menyediakan
berbagai kebutuhan akan bahan baku dengan harga murah. sehingga memungkinkan
untuk dilakukannya kerja sama bisnis, yakni pemesanan bahan baku dengan jumlah
yang sesuai untuk mendapat diskon/ potongan harga dari penjual yang
bersangkutan.
Jenis
Teknologi atau peralatan yang digunakan dalam proses produksi adalah
menggunakan teknologi atau peralatan modern agar makanan lebih cepat dalam
menghidangkan makanan atau minuman yang di pesan oleh pelanggan sehingga
pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan dari angkringan ini,teknologi ini
berupa wajan antigores, dispenser, Blander, magic jar, termos, komputer, dan
plastation.
Kapasitas produksi per hari Angkringan DeBambooe
yaitu 150 Nasi Kucing, 20 sate usus, 20 sate jeroan, 20 sate jengkol, 15 sate
telur puyuh, 30 nasi Merah, 20 pepes jamur dan tahu, 300 gorengan. 10 pisang
krispy, 10 martabak, dalam teknis ini kami mengusahakan makanan yang hangat
atau baru untuk gorengan dan nasinya
|
|
|
|
|
|
|
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
|||||||||
![]() |
Berikut
rincian alata yang digunakan dalam memulai bisnis angkringan ini
NO.
|
KETERANGAN
|
BANYAK
|
JUMLAH
|
||
I PERALATAN PENUNJANG
|
|||||
1
|
Gerobak
|
1
|
Buah
|
2.500.000
|
2.500.000
|
2
|
Meja kecil
|
12
|
Buah
|
95.000
|
1.140.000
|
3
|
Meja Besar
|
1
|
Buah
|
250.000
|
250.000
|
4
|
Kursi plastik
|
5
|
Buah
|
75.000
|
375.000
|
5
|
Lampu led 12 wt
|
10
|
Buah
|
16.000
|
160.000
|
6
|
Rol
|
2
|
Buah
|
50.000
|
100.000
|
7
|
Lampu darurat
|
2
|
Buah
|
45.000
|
90.000
|
8
|
Tikar spon
|
5
|
Buah
|
35.000
|
175.000
|
9
|
Tikar besar
|
5
|
Buah
|
70.000
|
350.000
|
10
|
Kompor gas
|
1
|
Buah
|
275.000
|
275.000
|
11
|
tabung
|
2
|
Buah
|
100.000
|
200.000
|
12
|
Wajan
|
2
|
Buah
|
35.000
|
70.000
|
14
|
Susuk
|
2
|
Buah
|
8000
|
16.000
|
15
|
Serok
|
2
|
Buah
|
15.000
|
30.000
|
16
|
Panci
|
1
|
Set
|
150.000
|
150.000
|
17
|
Magic Jar
|
2
|
Buah
|
250.000
|
500.000
|
18
|
Penjepit
|
2
|
Buah
|
7.500
|
15.000
|
20
|
Termos
|
1
|
Buah
|
65.000
|
65.000
|
21
|
Teko
|
1
|
Buah
|
15.000
|
15.000
|
22
|
Termos Es
|
1
|
Buah
|
40.000
|
40.000
|
23
|
Pisau
|
3
|
Buah
|
6.000
|
18.000
|
24
|
Nampan
|
10
|
Buah
|
8.000
|
80000
|
25
|
Penjepit
|
2
|
Buah
|
7.500
|
15.000
|
26
|
Kain Lap
|
5
|
Buah
|
5.000
|
25.000
|
27
|
Baskom
|
2
|
Buah
|
10.000
|
20.000
|
28
|
Ember
|
3
|
Buah
|
27.000
|
81.000
|
29
|
Gelas
|
3
|
Lusin
|
32.500
|
97.500
|
30
|
Cawan
|
3
|
Lusin
|
17.000
|
51.000
|
31
|
Piring
|
2
|
Lusin
|
40.000
|
80.000
|
32
|
Mangkuk
|
2
|
Lusin
|
40.000
|
80.000
|
33
|
Sendok
|
5
|
Lusin
|
15.500
|
77.500
|
34
|
Garpu
|
2
|
Lusin
|
15.000
|
77.500
|
35
|
Tempat tisu
|
6
|
Buah
|
12.000
|
72.000
|
36
|
Tempat sendok
|
3
|
Buah
|
13.000
|
39.000
|
37
|
Tempatsambal
|
5
|
Buah
|
10.000
|
50.000
|
38
|
Pemeras Jeruk
|
1
|
Buah
|
15.000
|
15.000
|
39
|
Kalkulator
|
1
|
Buah
|
45.000
|
45.000
|
40
|
Banner
|
1
|
Buah
|
50.000
|
50000
|
41
|
Ceret
|
1
|
Buah
|
75.000
|
75.000
|
42
|
Dispenser
|
1
|
Buah
|
150.000
|
150.000
|
JUMLAH
|
7.714.500
|
NO.
|
KETERANGAN
|
BANYAK
|
JUMLAH
|
||
1
|
Angkringan
|
1
|
tempat
|
10.000.000
|
10.000.000
|
2
|
Kipas angin
|
2
|
Buah
|
150.000
|
300.000
|
3
|
Komputer
|
2
|
Set
|
2.900.000
|
5.800.000
|
4
|
Ps 3
|
2
|
Set
|
1.500.000
|
3.000.000
|
5
|
Wifi
|
1
|
Buah
|
1.350.000
|
1.350.000
|
6
|
Tv 24 in
|
2
|
Buah
|
1.500.000
|
3.000.000
|
7
|
Sound radio
|
1
|
Buah
|
650.000
|
650.000
|
JUMLAH
|
24.100.000
|
NO.
|
KETERANGAN
|
HARGA
|
JUMLAH
|
1
|
Peralatan (penyusutan 5 th) 7.714.500
|
374.475
|
374.475
|
2
|
Angkringan (penyusutan 8 th) 10.000.000
|
100.000
|
100.000
|
3
|
Fasilitas (penyusutan 5 th) 14.100.000
|
451.200
|
451.200
|
Sistem
tata letak penyusunan tempat diatur
sesederhana mungkin mulai dari pintu masuk sebelah kiri untuktempat bersantai
yang sedikit tertutup bagian belakang ada rental PS dan di tengah tempat
lesehan beralaskan tikar belangkangnya gerobak untuk memilih makanan
sendiri dan di sebelah kanan lesehan dan
rental PS
![]() |
aspek manajemen pada dasarnya menilai
para wirausaha dan struktur
organisasi yang ada. Usaha akan berhasil apabila dijalankan oleh orang-orang
yang profesional dan bertanggung jawab mulai dari merencanakan, melaksanakan
hingga hingga mengendalikannya agar tidak terjadi penyimpangan
Aspek Manajemen sangatlah
penting dalam suatu perusahaan. Dengan adanya manajemen suatu
usaha dapat terorgnisir dengan baik. Hal ini dikemukakan oleh Johan (2011),
Aspek ini termasuk yang paling penting karena aspek ini terkait fungsi
koordinasi dan singkronisasi antara semua faktor produksi yang ada. suatu
proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian
orang – orang serta sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan. Visi dan misi
wajib ditentukan dalam aspek ini, sehingga semua faktor produksi bisa diarahkan
untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berikut
biodata usaha ini :
1. Nama Wirausaha : “ Angkringan De Bambooe”
2. Nama Pimpinan : Muhammad Syaifudin
3. Alamat : Jl K.H Wahid Hasyim desa bapangan
kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara
4. Lokasi : dekat SPBU
Bapangan, Tahunan
5. No. Telp./Hp : 089648002970
6. e-mail :
ifunsyaifudin@gmail.com
7. Bidang Usaha : Makanan tradisional
Didalam merencanakan sebuah bisnis perlu adanya visi dan misi dalam
mendirikanya tujuannya adalah untuk memperluas kesempatan
usaha, memperluas lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja yang terus bertambah
jumlahnya. Untuk membuka usaha ini tidak
membutuhkan karyawan terlalu banyak cukup 5 karyawan saja tentunya usaha ini
dapat berjalan.
Ø Menjadi wirausaha kuliner yang tetap merakyat
disemua kalangan tanpa melihat status sosial yang ada.
Ø Menjadi usaha yang memprioritaskan pelanggan
karena pelanggan adalah raja
Ø Mewujudkan
Angkringan De Bambooe bernuansa jawa namun berteknologi
Ø Menyediakan makan cepat saji yang sehat dengan
memperhatikan kualitas kebersihan dan kualitas produk.
Ø Memberikan harga yang murah tapi tidak merugikan
dan tidak menguras kantong.
Ø Menyediakan
tempat yang nyaman untuk berkumpul
yang didukung adanya wifi
Ø Mengutamakan
kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
Ø Mengembangkan
inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor jawa.
c. Adapun Nilai Bisnis Angkringan de Bambooe ini adalah
Membantu program pemerintah dalam menuntaskan pengangguran di daerah
setempat khususnya tahunan dan di daerah sekitar pada umumnya, dan membantu para pelajar/ mahasiswa dalam
penyediaan tempat berkumpul dan mengerjakan tugas.
d.
Rencana strategis
Strategi pemasaran bisa dilakukan dengan sangat
gampang. Pertama, pelayanan yang baik tersebut harus dilakukan terus
menerus agar banyak pelanggan yang makan di angkringan kita. Kedua, menjaga
kualitas kuliner yang di tawarkan. Ketiga, kami juga memilih lokasi strategis
di dekat kost-kostan, di dekat kontrakan, di tempat yang banyak orang nongkrong
dan mempunyai suasana yang bagus dan indah agar pelanggan betah betah berada di
angkringan kita. Keempat, melakukan promosi dengan banner, spanduk, dan brosur
e. Rencana buka sampai tutup
Angkringan De Bambooe
Rencana dalam
pembukaan Angkringan De Bamboe mulai jam 12 siang sampai jam 10 malam kecuali
hari minggu sampai jam 1 malam.
Organisasi adalah kumpulan
dari beberapa manusia yang berintegrasi dan bekerja sama untuk mencapai sebuah
tujuan yang telah dibuat. Dalam menjalankan usaha Angkringan De Bambooe
membutuhkan beberapa tenaga kerja agar lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu kami menyusun suatu struktur organisasi, sebagai
berikut:
Ø Pimpinan
- SDM dan Umum :
Muhammad Syaifudin
Ø Bag.
Kasir dan keuangan : Riska Deviana
Ø Bag.
Belanja dan operasional : Burhan dan cita sari
Ø Bag.
Memasak dan belanja : Ayang dan Elisa
a.
|
![]() |
||||||
![]() |
|
b.
jumlah karyawam yang dibutuhkan.
Jabatan
|
Jumlah
|
Bag.
Belanja & Operasional
|
2
|
Bag.
Keuangan dan kasir
|
1
|
Bag. Memasak,
dan pelayanan
|
2
|
c.
Job Discription
1. Pimpinan : Memimpin, mengawasi, dan terus memantau
perkembangan usaha yang di geluti, serta membuat keputusan – keputusan dan
perencanaan pengembangan usaha yang memiliki prospek sesuai dengan kebutuhan
konsumen maupun pelanggan atas dasar kesepakatan bersama/musyawarah.
2. Bagian Pemasaran dan operasional: Memperkenalkan,
memasarkan, mempromosikan, serta memberi sistem pelayanan terbaik kepada
konsumen/pelanggan, Melakukan survai
target lokasi, Menentukan dan menganalisa sarana dan prasarana,
3. Bagian keuangan dan kasir: membat laporan keuangan, Menentukan prosedur
penetapan dan perhitungan
pembelian bahan baku, membuat neraca dan laporan laba rugi dan menerima pembayaran langsung dari konsumen, Mencatat
secara langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen. Memberikan rangkapan
bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
4. Bagian memasak dan belanja : belanja bahan bahan
pokok, memasak dan membungkus makanan, melayani konsumen.
Pemilik mengarahkan karyawannya
untuk bekerja saling membantu apabila job jobnya sudah di selesaikan dapat
membantu karyawan yang lain untuk mengefesiensikan tenaga kerja, hal ini
dimaksud untuk menjalin rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan karyawan
setempat.
a.
Kebijakan Personalia
·
Ijin, Sakit, dan
Mangkir Cuti
Setiap
karyawan diberikan ijin tidak masuk jika dengan alasan sakit dan kejadian duka
keluarga inti. Dalam ijin ini bisa melalui via telepon
·
Tunjangan - tunjangan
Perincian tunjangan yang diberikan kepada karyawan
adalah sebagai berikut:
1)
Tunjangan Hari Raya
(THR)
Tunjangan hari raya
diberikan kepada karyawan dengan masa kerja lebih dri satu tahun. Jumlah
tunjangan setara dengan setengah dari gaji pokok.
2)
Tambahan ketika angkringan mencapai target
Tunjangan bagi hasil
akan diberikan kepada karyawan yang produktif dan mencapai target penjualan.
a.
Adapun tujuannya adalah:
1.
Menghentikan atau meniadakan
kesalahan, penyimpangan, penyelewengan, pemborosan, hambatan, dan ketidakadilan
2.
Mencegah terulangnya kembali
kesalahan, penyimpangan, penyelewengan, pemborosan, hambatan, dan ketidakadilan
3.
Mendapatkan cara-cara yang lebih
baik atau membina yang telah baik
4.
Menciptakan suasana keterbukaan,
kejujuran, partisipasi, dan akuntabilitas organisasi
5.
Meningkatkan kelancaran operasi
organisasi
6.
Meningkatkan kinerja organisasi
7.
Memberikan opini atas kinerja
organisasi
8.
Mengarahkan manajemen untuk
melakukan koreksi atas masalah-masalah pencapaian kerja yang ada
9.
Menciptakan terwujudnya
organisasi yang bersih
b.
Penilaian Kinerja
Karyawan
Dalam penilaian ini perusahaan
membuatkan absensi untuk keberangkatan karyawan Seluruh karyawan saat tiba
wajib melakukan absensi masuk untuk mengetahui masuk tidak nya karyawan dan
mempermudah dalam sistem penggajiannya dan dari sistem ini maka pemilik akan
mengetahui kinerja karyawan.
c.
Keselamatan dan
Kesehatan kerja
Karyawan di kasih ruangan khusus untuk solat dan
istirahat dan di fasilitasi kipas angin ketika jam istirahat.
d.
Mekanisme PHK
dalam hal ini PHK bagi karyawan yang melakukan kesalahan akan di kasih
arahan dan bimbingan terlebih dahulu, dan kalau sudah melampaui batas yang
mengakibatkan kerugian maka langsung diberhentikan.
5.1.
Kesimpulan
Menu yang akan disajikan di dalam warung angkringan adalah nasi teri, nasi
rames, nasi jeroan, dan untuk menemani menyantap nasi kucing disediakan
juga aneka macam gorengan seperti mendoan/tempe goreng, tahu isi, bakwan, tape
goreng, pisang goreng, tape goreng, sate usus, sate telur, sayap ayam, ceker
ayam yang di bumbu bacem sebagai menu andalan produk warung angkringan .
Minuman yang disediakan juga beragam, seperti teh panas/ teh anget, es teh,
kopi/ es kopi, susu /es susu, jeruk panas/ jeruk anget, es jeruk, wedhang jahe,
susu jahe/ es susu jahe.popice ,-trajos
Untuk memasarkan Angkringan ini, kami memberi informasi kepada masyarakat
dari mulut ke mulut, media elektronik,dan memasang banner dan dalam hal ini
kami memasang hostpot gratis serta merentalkan ps dan internet dan dalamh al
ini Pendapatan – Biaya Operasional- Biaya Penolong- Pembelian omzet
perbulan sebesar Rp 26.415.000. Keuntungan bersih dari usaha warung angkringan
: Rp 26.415.000 – Rp 4.250.000- Rp. 18.150.000 / Bulan. = 4.015.000
5.2.
Saran
Dalam berbisnis
angkringan harus lah tekun untuk mendapatkan pasar apa lagi masyarakat disana
yang belum tentu mau menerima masakan sederhana seperti nasi kucing. Sediakan
berbagai fasilitas pendukung seperti wifi gratis atau pun Televisi atau pun
radio supaya memberikan kesan moderen dan nyaman berlama-lama di warung
angkringan.
Sangat jelas sekali dalam isi proposal ini
BalasHapusMummy's Gold Casino - Casino in NV - Mapyro
BalasHapusMapyro is 제주 출장샵 a Las Vegas casino located in Nevada near Muhle Street 성남 출장샵 and Mohegan 메이저 토토 사이트 Sun, with slot machines, blackjack, and poker 광주 출장샵 at 김제 출장샵 the top.