Kamis, 27 April 2017

PROPOSAL ANGKRINGAN DEBAMBOOE


PROPOSAL SKB
“ANGKRINGAN DE BAMBOOE”
Dosen Pengampu Bp. Hadi Ismanto., S.E., M.M
       M. Yunies edward, S.E., M.M

M. YUNIES EDWARD, S.E., M.M








Disusun Oleh :
1.    Muhammad Syaifudin       (161110002030)


Kelas MF
Prodi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA’
Th. 2017/2018


Puji syukur Penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunianya penulis masih diberi kesempatan untuk bekerja sama untuk menyelesaikan Proposal ini. Dimana Proposal ini merupakan salah satu dari materri mata kuliah yaitu Studi Kelayakan Bisnis yang berjudul Angkringan De Bambooe,  Tidak lupa Penulis ucapkan terimakasih kepada Dosen pembimbing yang telah memberikan arahan dalam menyelesaikan proposal ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun selaku saya harapkan demi kesempurnaan proposal ini. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin ya robbal alamin.
Akhir kata, Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir penyelesaian. Semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi yang membacanya. Maaf jika masih ada banyak kesalahan dalam penulisan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih



Jepara, 1 April 2017



Penulis





 







gambar 1

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia yang paling utama, dan penyediaan tempat makan yang aman dan nyaman adalah sebuah sub yang harus diperhatikan pula untuk penciptaan sebuah kenyamanan menjajakan makanannya.
Usaha yang kami akan gagas merupakan sebuah tempat makan sederhana yang sering diburu oleh para mahasiswa, para pelajar atau pun khalayak muda lainnyadengan konsep yang seperti cafe tentunya masyarakat tidak akan berpikir panjang untuk masuk dan menyantap hidangan karena harga yang relatif murah sebanding dengan di pasaran.
Tempat makan itu bisa dibilang angkringan, namun angkringan yang kami akan gagas merupakan angkringan yang beda dengan angkringan-angkrian sedia kalanya. Angkringan kami akan lebih mengedepankan dari segi kwalitas, kwantitas dan akan lebih terkonsep dari isi, tempat dan layanannya dan didukung dengan teknologi modern. Dalam angkringan yang akan kami gagas, menyediakan berbagai makanan berat, ringan dan berbagai minuman yang digemari oleh semua golongan yang bertujuan untuk pemuasan konsumen.
Harapannya usaha yang kami akan gagas memberikan ide baru untuk para generasi muda yang ingin berwirausaha, dan mampu diterima dengan baik oleh para pecinta kuliner di Jepara khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya. Dala bisnis ini Angkringan De Bambooe memfasilitasi teknologi modern seperti wifi, game, dan komputer yang mana dapat menarik para pelajar, Mahasiswa dan masyarakat lainnya terlebih pada zaman sekarang yang serba canggih dalam dunia smartphone mendukung yang membutuhkan koneksi internet tentunya usaha ini akan menarik masyarakat untuk bersantai di angkringan ini.






1.1.    Latar Belakang
Mencari pekerjaan pada masa sekarang ini menurut pandangan orang merupakan hal yang cukup sulit. Karena banyak pesaing dan kompetensi yang ditawarkan sangat beragam. Banyak sekali calon pekerja yang berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintah atau swasta, tetapi lapangan pekerjaan saat ini sangat terbatas, sebagai mahasiswa tentunya kita berkeinginan untuk menjadi wirausaha karena tak selamanya kita menjadi buruh maka dari itu berpikir inovatif dan kreatif perlu dikembangkan untuk meraih kesuksesan salah satunya adalah wirausaha. Wirausaha merupakan salah satu peluang usaha untuk mengatasi masalah meningkatnya jumlah pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, menciptakan lapangan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya dengan berbisnis membuka usaha warung nasi kucing atau angkringan untuk tempat bersantai. Jenis usaha ini memang banyak sekali yang sudah berdiri namun dalam hal ini konsep kami berbeda dengan yang lainnya. Usaha berjenis pengganjal perut ini memang terkenal paling bandel dalam cara bertahannya melawan kondisi ekonomi baik ekonomi lagi seret.
         Kenapa memilih bisnis angkringan? Karena  semua orang butuh makan dan butuh hidup. Untuk hidup diperlukan makan dan minum dan tempat yang asyik untuk ngobrol bareng. Angkringan merupakan suatu konsep berjualan makanan dan minuman yang asyik untuk mengobrol dan bersantai. karena dengan harganya yang murah meriah yang hampir bisa di jangkau oleh semua kalangan masyarakat. Angkringan De bambooe adalah suatu usaha makanan yang kami buka untuk semua kalangan mayarakat yaitu sebuah warung multi-user yang tidak memperlihatkan status sosial, dari yang berpehangsilan kecil maupun besar, baik pelajar, petani, mahasiswa, tukang kuli, anak-anak perantauan, mahasiswa, budayawan dan seniman, karyawan hingga eksekutif. Dalam usaha ini kami menekankan pada kualitas makanan dan kenyamanan pembeli, sehingga pembeli merasakan nyaman dan puas. Tak hanya itu kami juga memasang free Hospot area dan fasilitas yang berbau teknologi untuk menarik konsumen agar mampir atau nongkrong ditempat ini, bahakan bagi pelajar / mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya dengan nyaman. Dengan model bisnis strategi pemasaran dan pelayanan yang baik serta didukung dengan teknologi seperti ini mempunyai peluang yang bagus untuk kedepannya.

Usaha kami ini dibilang usaha merupakan usaha perluasan yang sudah tidak asing lagi dengan kata angkringan namun usaha ini berkonsep angkringan yang mengedepankan kualitas produk dan kenyamanan untuk bersantai dan berkumpul dengan teman. usaha yang terlihat sederhana namun memiliki ciri khas tersendiri ini sebagai langkah persaingan dengan angkringan yang lain. meskipum angkringan yang ada sekarang sudah banyak baik di perkotaan maupun pelosok gang desa. kami tetap yakin dengan konsep usaha angkringan ini yang memfasilitasi kenyamanan tempat dan didukung oleh free hospot, selain itu kami juga merentalkan game PS dan komputer sebagai jenis lain dari pendukung usaha ini. Dan ini akan menarik para kaula muda untuk menyantap menu yang ada sambil bersantai, karena dalam konsep ini menu yang ditawarkan sangat beragam jenis nya. Dengan adanya pendukung tersebut pastinya akan memberikan manfaat kepada kaula muda untuk mengakses internet unlimited, menghilangkan penat dengan bermain game, dan membantu Pelajar/mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas sekolah.

a.    Memberikan fasilitas  pelajar/mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b.    Memenuhi kebutuhan makan pada siang sampai malam hari
c.    Mengefisiensikan pengeluaran bagi masyarakat luas yang cenderung menghabiskan waktu di wilayah penjualan nasi kucing yang di pakai ngumpul anak-anak muda dan masyarakat
d.   Menghilangkan srata sosial yang ada dan semua pembeli sama adanya.
.
Berikut ini adalah hasil analisis untuk memerlukan kelayakan bisnis ini:

A.    Potensi Pasar

Lokasi tempat usaha yang strategis karena berada di pinggir jalan yang dilewati oleh banyak kendaraan serta dekatdengan dengan RSU Kartinidn pom bensindan Pesaing yang belum ada karena memang di sekitar area usaha belum ada yang mendirikan usaha Angkringan di siang hari sampai malam. Dalam bisnis ini pasar yang dituju adalah untuk semua kaula muda sampai orang dewasa baik pelajar maupun mahasiswa usia . Kami melihat persaingan pasar yang terjadi pada saat ini khususnya daerah Jepara sangat banyak namun kami membuat konsep yang berbeda dengan angkringan lainnya yaitu seperti cafe yang dan harga yang di patok juga terjangkau untuk semua kalangan. supaya pelanggan merasa puas kami juga memberikan pelayanan yang ramah dan tempat yang nyaman serta didukung dengan adanya wifi gratis, dan dalam hal ini kami juga menyewakan komputer dan game PS dan tentunya ini akan menarik minat kaula muda untuk mampir di angkringan bambooe ini.

B.     Perkembangan Pasar
Usaha angrkingan kami yang bernama “Angkringan De Bambooe”, didalamnya kami tidak hanya menyediakan hidangan makanan saja namun dalam usaha kami juga menyediakan hot spot gratis, Selain itu kami juga menyediakan rental PS dan internet.
C.    Permintan Pasar
1.    Prospek permintaan dimasa saat ini
Dengan melihat sifat manusia yang cenderung konsumtif dan lebih praktis dengan makanan cepat saji maka usaha ini peluangnya sagat besar, permintaan akan maka kebutuhan makanan dan minuman pada siang hari dan malam hari semakin meningkat seiring dengan kebiasaan mahasiswa, pelajar yang senang berkumpul dan ngobrol-ngobrol disaat jam-jam istirahat sampai jam pulang, dan masyarakat terlebih kaula muda yang suka keluar malam untuk menghilangkan penat dan bertemu teman menjadikan bisnis ini sangat menjajikan
2.    Prospek permintaan di masa yang akan datang
kebutuhan akan makanan pada jam istirahat sampai tengah malam sangat banyak. Dengan meningkatnya pendapatan, aktivitas masyarakat dan gaya hidup membuat masyarakat untuk ngumpul dan akan menjadi kebiasaan dari masyarakat dan kaula muda karena dijam istirahat dan pulang tentunya mahasiswa dan pelajar akan berkumpul dan bersantai untuk menghilangkan penat terlebih malam hari yang ketika merasakan lapar masyarakat dapat membeli makanan diangkringan dan sambil bersantai menikmati suasana malam.

D.    Penawaran Pasar
1.    Prospek penawaran di masa saat ini
  Dengan melihat sifat manusia yang cenderung bersifat konsumtif, dan lebih praktis dengan makanan cepat saji maka usaha ini peluangnya sangat besar. Makanan dan minuman dengan harga terjangkau namun kualitas dapat dibandingkan dengan makanan dan minuman yang di jual dengan harga mahal. Karena kami menjual produk yang dapat terjangkau oleh semua golongan, khusunya mahasiswa,pelajar dan kaula muda yang sangat identik dengan angkringan ini. Agar konsumen tidak berpaling ke produk orang lain, maka sebisa mungkin kami jaga kualitas cita rasa makanan yang akan ditawarkan kepada konsumen. Karena dalam menjalankan bisnis makanan, cita rasa produk makanan yang lezat menjadi kunci utama sebuah bisnis untuk mencapai kesuksesan

2.    Prospek penawaran di masa yang akan datang
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha angkringan  pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Dalam hal ini produk yang kami tawarkan selalu dalam keaadaan panas dan kami kasih sambal supaya konsumen menikmatinya dan kami memberikan layanan wifi gratis untuk menarik konsumen.

E.     Analisi Persaingan dengan pendekatan SWOT
Analisis SWOT berikut menagkap kekuatan dan kelemahan utama usaha dan menggambarkan peluang serta ancaman yang dihadapi angkringan.

1.    Strength (kekuatan)
a)    Harganya merakyat murah dan penyajiannya yang sangat praktis
b)   Pelayanan yang ramah dan suasana yang santai penuh kekeluargaan dan keakraban baik dari pedagangnya maupun dari para pembelinya.
c)    Variasi produk yang dijual banyak dan harganya terjangkau.
d)   Tempat yang nyaman dengan konsep lesehan maupun ditempat duduk
e)    Bahan Baku yang mudah dicari dan makanan yang dijual familiar bagi konsumen
f)    Belum banyak angkringan yang memasang wifi gratis untuk browing menjelajah internet dan memasang musik
g)   Adanya game PS dan Komputer untuk mengerjakan tugas dan bermain
h)   Adanya lcd proyektor untuk menonton bola atau film

2.    Weeknes (kelemahan)
a)    Modal untuk memulai usaha masih kurang
b)   Kenaikan harga bahan baku
c)    Terbatasnya pramusaji yang bertugas tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung yang datang, sehingga, terkadang pelanggan akan menunggu minuman dihidangkan lebih lama dari waktu yang seharusnya.
d)   Minimnya lahan parkir yang tersedia mengakibatkan para pelanggan yang membawa kendaraan sendiri akan berpikir dua kali untuk mengunjungi tempat tersebut.  

  
3.    Opportunity (peluang)
a)    Belum banyak tempat makan Sederhana yang memasang Wifi
b)   Adanya dukungan dari masyarakat atau pihak terkait untuk mendirikan usaha tersebut.
c)    Sifat manusia yang cenderung konsumtif.
d)   Jarangnya tempat nongkrong untuk anak muda yang biasanya mencari tempat yang memiliki akses Wifi

4.    Threat (ancaman)
a)    Banyaknya penjual makanan di lingkungan sekitar
b)   Adanya Iklim yang tak menentu terlebih ketika musim hujan dan Wifi terkadang memiliki gangguan
c)    Banyaknya produk sejenis di pasaran sehingga memungkinkan pelanggan memasak sendiri di rumah
d)   Banyak pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat.
e)    Munculnya variasi makanan jajanan dan produk competitor bersaing
f)    Selera konsumen variatif
Kami melihat persaingan pasar yang terjadi pada saat ini khususnya daerah Tahunan, kami melakukan eksplorasi untuk memberikan hal yang baru bagi pelanggan dengan konsep yang berbeda dengan angrkinagn lainnya yaitu bukan angrkingan tenda biru namun angkringan bernuansa kafe dan harga yang di patok juga terjangkau untuk semua kalangan. Untuk membuat para pelanggan merasa puas kami juga memberikan pelayanan yang ramah dan tempat yang nyaman. Kami tidak memberikan sekat antara penjual dan pembeli, mereka bebas memilih sendiri makanan apa yang mereka sukai dengan langsung mengambil dan langsung membayarnya karena kami menerapkan makanan secara prasmanan.



1.      Analis Pemasaran berdasarkan pada STP (Segmentasi Targeting, Positioning
a.    Segmentasi
Segmen yang bisa dijasikan sasaran berdasarkan geografis tentunya adalah konsumen yang berada di daerah Kecamatan Tahunan desa bapangan. Jika ditentukan berdasarkan demografis, maka yang menjadi segmen usaha Angkringan De Bambooe ini adalah pria atau wanita usia 10-25. Makanan siap saji yang cocok untuk semua usia yang pada dasarnya memiliki sifat konsumtif.

b.   Targeting
Targeting pasar dari usaha Angkringan De bambooe ini adalah pelajar SMA SMK , mahasiswa unisnu, dan semua masyarat kaula muda pria atau wanita usia 10-25 sampai dewasa di daerah Kota Jepara dan Kecamatan Tahunan. Alasan kami memilih target yang kami jadikan sasaran karena harga yang kami tawarkan tidak menguras kantong masyarakat sehinggasemua kalangan dapat menikmati produk atau hidangan yang kami buat.
c.    Positioning
Definisi positioning menurut Kotler dan Keller (2009), adalah merupakan suatu aktivitas perusahaan dalam memberikan suatu citra yang ditaruh di dalam benak pikiran pasar sasaran atau target konsumen. Dari definisi ini dijelaskan bahwa positioning memiliki tujuan untuk melokasikan suatu brand di dalam pikiran konsumen agar dapat memberikan nilai tambah (manfaat) yang lebih kepada perusahaan.
Pertama, pelayanan yang baik dan kebersihan harus dilakukan terus menerus agar banyak pelanggan yang makan di angkringan kita. Kedua, produk berkualitas disediakan sambal kemudian harga yang sesuai kantong konsumen. Ketiga, mempunyai tempat yang nyaman yang klasik agar pelanggan betah berada di angkringan kita. Keempat, menyediakan free hospot

2.      Analis Pemasaran berdasarkan pada STP (Segmentasi Targeting, Positioning
Tentunya untuk memasuki pasar tersebut diperlukan suatu strategi yang matang yang meliputi Bauran pemasaran Angkringan De Bambooe ini tediri dari pendekatan-pendekatan terhadap produk (product), penetapan harga (price), tempat (place), promosi (promotion) yang dikenal dengan “marketing mix 4p”.
a.    Produk (product)
Produk yang ditawarkan oleh Angkringan De Bambooe ini adalah produk yang terjagkau untuk semua golongan yaitu dengan menu makanan adalah aneka gorengan mulai dari pisang goreng, tahu goreng, tape goreng, mendoan,martabak, pisang crispy, tela-tela, sate jeroan atau sate tusuk, sate telur puyuh bacem, sate keong, sate kulit, sate bakso, sate jengkol, ceker ayam, kerupuk, bacem tahu,tahu mie, tahu bakso, bacem kepala dan ekor. Burung dara goreng, Dan kami juga menambahkan makan khas dari suatu angkringan yaitu nasi Merah teri, sego rames, nasi sambel teri atau oseng tempe. nasi ayam sambel, nasi jeroan, nasi telur udang,  pepes jamur, pepes tahu, Sementara minumnya kami menawarkan aneka teh panas, wedang jahe, kopi jahe, susu jahe, wedang kopi, kopi susu, wedang jeruk, es sirup, Susu soda. Pop ice, nutrisari, susu anget, es jeruk. Es suplemen stamina. Dalam produk nasi kami menyediakan sambal yaitu untuk menemani makanan disetiap hidangan yang disajikan










Gambar 2.1 Aneka Makanan
franchise angkringan nasi kucing.jpg
Gambar-tempat-makan-enak-dan-murah-di-jogja-3.jpg


Gambar 2.2 minuman
index.jpgjahe.jpg
kopiiii.jpgsusu.jpg
pop ice.jpg

Gambar 2.3 menu tambahan
martabak.jpgmartabakkkk.jpgmie.jpgpisang cryspu.jpg

b.   Penetapan harga (price)
Penetapan harga merupakan salah satu strategi dalam penarikan pelanggan dalam usaha kami ini. Kami mematok harga yang terjangkau untuk semua kalangan.
No.
Menu
Kisaran harga jual
1
Pisang Goreng
Rp.1.000
2
Tahu sayur,tape, bakwan,mendoan
Rp.500
3
Bacem tahu, tahu susur
Rp.1.000
4
Tahu bakso, tahu mercon,
Rp.1.500
5
Sate jengkol
Rp.2.000
6
Sate Kikil, keong, usus
Rp.2.000
7
Sate pentol,telur puyuh
Rp.2.500
8
Krupuk
Rp.1.000
9
Pepes jamur, tahu
Rp. 2500
10
Ceker ayam bacem
Rp. 1000
11
Sayap ayam bacem
Rp. 2500
12
Nasi Isi sambal :Teri srondeng, rames, Ayam, Jeroan ayam, Telur udang,
Rp.2.000
13
Nasi Merah sambal pedho
Rp.2.500
14
Pisang Crispy coklat keju 1 porsi isi 6
Rp. 8.000
15
Martabak
Rp.10.000
16
Tela-tela
Rp.7.000
17
Minuman teh, sirup
Rp.2.000
18
Es/wedang Susu, Kopi hitam
Rp.3.000









































































































19
Wedang Jahe, Jeruk, Nutrisari
Rp.2.500
20
Susu Soda gembira
Rp.9.000
21
Kopi susu, Jahe Susu, Kopi Jahe
Rp.4.000
22
Pop Ice
Rp.5.000
22
Es xtrajos, kuku bima,
Rp.3.000

No.
keterangan
Biaya sewa per jam
1
Internet
Rp. 3.000
2
Game PS
Rp. 4.000

c.    Tempat (place)
Dalam pemilihan tempat kami memilih tempat yang sangat produktif yaitu sekitar RSU, Pom bensin dan lingkungan pelajar baik dari kampus maupun sekolah menengah ke atas kami memantapkan lokasi di dekat Pom bensin Bapangan pinggir jalan raya Jl.Kh Wahid Hasyim (Barat RSU Kartini Jepara)

d.   Promosi (promotion)
Promosi penting dalam usaha ini untuk mendatangkan banyak pelanggan. Kami melakukan promosi dari mulut ke mulut, kemudian penyebaran Brosur ke sekolah, kampus dan membuat spanduk untuk mempromosikan usaha ini tak hanya itu kami juga mempromosikan melalui jejaring media sosial sepertifacebook,instalgram,bbm,Whatsapp

3.    Rincian Harga pokok Produk perbulan
a. Bahan Baku/ hari
NO
Keterangan
jumlah
satuan
haga
jumlah
1
Kopi Tempur
1/2
Kg
20.000
20.000
2
Kopi susu abc
2
renteng
10.000
20.000
3
Good day fres
2
Renteng
17.000
34.000
4
Kopi moca
2
Renteng
12.000
24.000
5
Nutrisari
2
Renteng
10.000
20.000
6
Xtrajos
1
Pack
7000
7.000
7
Kuku bima
1
pack
7000
7.000
8
soda
10
botol
3.500
35.000
9
Pop ice
1
renteng
25.000
25.000
10
Jahe
1/2
kg
8.500
8.500
11
Teh
1
Pack
8.000
8.000
12
Jeruk
1/2
kg
3.500
3.500
13
Susu sachet
1
Renteng
7.500
7.500
14
Susu kaleng
1
Buah
9.500
9.500
15
Telur
1
Kg
20.000
20.000
16
Gula
1
Kg
16.000
16.000
17
beras
4
kg
10.000
40.000
18
Tepung terigu
2
kg
7.000
14.000
19
Bumbu masakan


30.000
30.000
20
Penyedap rasa


2.000
2.000
21
Kertas minyak
1
pack
7.000
7.000
22
keju
1
Per 35 gram
9.000
9.000
23
sayur
2
kg
5000
10.000
24
Sarimi
10
bungkus
1.500
15.000
25
Minyak goreng
1
kg
13.000
13.000
26
air galon
2
galon
4.000
8.000
27
Tahu
70
kotak
400
28.000
28
tempe
25
Buah
1000
25.000
29
Jeroan
10
perbiji
2.500
25.000
30
ayam
1
kg
28.000
28.000
31
tape
1
Kg
5.000
5.000
32
Kikil
1
kg
20.000
20.000
33
Telur puyuh
1
Kg
26.000
26.000
34
Staples+isi
1
buah
10.000
10.000
35
plastik
2
Pack
2500
5.000
36
Pisang
2
Lirang
10.000
20.000
JUMLAH
605.000



b. Bahan Penolong
 1
Gas
3
Buah
20.000
60.000
 2
Spon
2
Buah
4.000
8.000
 3
Sabun
1
bungkus
11.000
11.000
 4
Plastik
3
bungkus
2.500
7.500
JUMLAH

C. Biaya Operasional
1.
Biaya wifi
1
Bulan
300.000
2
Biaya Listrik
1
Bulan 
 200.000
3
Biaya Sewa Tempat
1
Bulan
 700.000
4
Biaya Air
1
Bulan
50.000
5
Gaji juru masak & pelayanan
1
Bulan
1.500.000
6
Gaji keuangan& operasional
1
Bulan
1.500.000
JUMLAH
 4.250.000

Jika diasumsikan dalam satu hari minimal ada 50 orang konsumen
1.        Membeli nasi berarti : 50 x Rp 2.000 x 30 hari = Rp.3.000.000.
2.        Membeli menu minuman berarti : 50 x Rp 2.000 x 30 = Rp 3.000.000.
3.        Membeli gorengan 50x500x30= 750.000,
4.        Membeli gorengan 25x1000x30= 750.000
5.        Membelipisang goreng 20x1000x30= 600.000
6.        Membeli mie rebus +telor 5x6500x30= 975.000
7.        Membeli kopi tempur 50x3000x30= 4.500.000
8.        Membeli sate telur 20x2.500x30=1.500.000
9.        Membeli sate usus 20x2000x30= 1.200.000
10.    Membeli popice 10x5000x30= 1.500.000
11.    Membeli pisang crispy 5x8.000x30=1.200.000
12.    Membeli susu 15x3000x30=1.350.000
13.    Membeli susu soda 5x9.000x30= 1.350.000
14.    Membeli kopi susu 15x5.000x30=1.350.000
15.    Rental PS 7x4000x30= 840.000
16.    Main internet 5x3000x30= 450.000
17.    Membeli pepes 10x2500x30 = 750.000
18.    Membeli wedang jahe 15x3000x30= 1.350.000
Pendapatan – Biaya Operasional- Biaya Penolong- Pembelian omzet perbulan sebesar Rp 26.415.000. Keuntungan bersih dari usaha warung angkringan : Rp 26.415.000 – Rp 4.250.000- Rp. 18.150.000 / Bulan. = 4.015.000



3.1.        Aspek Teknis Dan Operasional
Usaha angkringan ini menjual makanan dan minuman yang tanpa pemasok dari luar, namun mengolahnya sendiri. kami memperhatikan perlengkapan yang di pakai untuk menyajikan makanan tersebut. Dan juga kualitas kebersihan lingkungan. Dari mulai gerobak yang menarik, perlengkapan memasak (seperti kompor gas, dan wajan anti lengket), minyak yang kita pakai, kebersihan di sekitar makanan yang kita sajikan dan Kami menawarkan harga produk yang sesuai dengan target pasar dan rata – rata sama dengan yang ditawarkan di pasar.
Lokasi merupakan salah satu variabel yang penting bagi setiap usaha yang akan dilakukan, Dalam menentukan lokasinya direncanakan tepatnya di daerah Bapangan Jl K.H Wahid Hasyim barat SPBU bapangan kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara, letaknya di pinggir jalan raya luas +  8x5 meter. lokasi ini lumayan dekat dengan pasar Jepara dan pasar Tahunan  serta yang dekat dengan rumah sakit umum
Tabel  3.1 Rencana Lokasi Usaha
GANBAR DENAH ANGKRINGAN2.jpg
gambar 6
      pembelian bahan baku dapat diperoleh di pasar Jepara dan pasar Tahunan yang menyediakan berbagai kebutuhan akan bahan baku dengan harga murah. sehingga memungkinkan untuk dilakukannya kerja sama bisnis, yakni pemesanan bahan baku dengan jumlah yang sesuai untuk mendapat diskon/ potongan harga dari penjual yang bersangkutan.
     Jenis Teknologi atau peralatan yang digunakan dalam proses produksi adalah menggunakan teknologi atau peralatan modern agar makanan lebih cepat dalam menghidangkan makanan atau minuman yang di pesan oleh pelanggan sehingga pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan dari angkringan ini,teknologi ini berupa wajan antigores, dispenser, Blander, magic jar, termos, komputer, dan plastation.
Kapasitas produksi per hari Angkringan DeBambooe yaitu 150 Nasi Kucing, 20 sate usus, 20 sate jeroan, 20 sate jengkol, 15 sate telur puyuh, 30 nasi Merah, 20 pepes jamur dan tahu, 300 gorengan. 10 pisang krispy, 10 martabak, dalam teknis ini kami mengusahakan makanan yang hangat atau baru untuk gorengan dan nasinya
Gambar 3.2. Proses produksi Sego Kucing
Lapisi nasi dengan kertas nasi/koran lalu bungkus dan staples
 
Taruh lauk diatas nasi yang ada di daun pisang & kasih sambal
 
Sego kucing ala De bambooesiap disajikan
 
Masak isi lauk nasi angkringan
 
Masak nasi dengan magic jar atau dengan panci
 
Penyiapan alat dan bahan bahan
 
Taruh nasi 1helai daun pisang/ kertas minyak ukuran 10x10 cm
 
De bambooe



























 

Berikut rincian alata yang digunakan dalam memulai bisnis angkringan ini
NO.
KETERANGAN
BANYAK
JUMLAH
I PERALATAN PENUNJANG
1
Gerobak
1
Buah
2.500.000
2.500.000
2
Meja kecil
12
Buah
95.000
1.140.000
3
Meja Besar
1
Buah
250.000
250.000
4
Kursi plastik
5
Buah
75.000
375.000
5
Lampu led 12 wt
10
Buah
16.000
160.000
6
Rol
2
Buah
50.000
100.000
7
Lampu darurat
2
Buah
45.000
90.000
8
Tikar spon
5
Buah
35.000
175.000
9
Tikar besar
5
Buah
70.000
350.000
10
Kompor gas
1
Buah
275.000
275.000
11
tabung
2
Buah
100.000
200.000
12
Wajan
2
Buah
35.000
70.000
14
Susuk
2
Buah
8000
16.000
15
Serok
2
Buah
15.000
30.000
16
Panci
1
Set
150.000
150.000
17
Magic Jar
2
Buah
250.000
500.000
18
Penjepit
2
Buah
7.500
15.000
20
Termos
1
Buah
65.000
65.000
21
Teko
1
Buah
15.000
15.000
22
Termos Es
1
Buah
40.000
40.000
23
Pisau
3
Buah
6.000
18.000
24
Nampan
10
Buah
8.000
80000
25
Penjepit
2
Buah
7.500
15.000
26
Kain Lap
5
Buah
5.000
25.000
27
Baskom
2
Buah
10.000
20.000
28
Ember
3
Buah
27.000
81.000
29
Gelas
3
Lusin
32.500
97.500
30
Cawan
3
Lusin
17.000
51.000
31
Piring
2
Lusin
40.000
80.000
32
Mangkuk
2
Lusin
40.000
80.000
33
Sendok
5
Lusin
15.500
77.500
34
Garpu
2
Lusin
15.000
77.500
35
Tempat tisu
6
Buah
12.000
72.000
36
Tempat sendok
3
Buah
13.000
39.000
37
Tempatsambal
5
Buah
10.000
50.000
38
Pemeras Jeruk
1
Buah
15.000
15.000
39
Kalkulator
1
Buah
45.000
45.000
40
Banner
1
Buah
50.000
50000
41
Ceret
1
Buah
75.000
75.000
42
Dispenser
1
Buah
150.000
150.000
JUMLAH
7.714.500


NO.
KETERANGAN
BANYAK
JUMLAH
1
Angkringan
1
tempat
10.000.000
10.000.000
2
Kipas angin
2
Buah
150.000
300.000
3
Komputer
2
Set
2.900.000
5.800.000
4
Ps 3
2
Set
1.500.000
3.000.000
5
Wifi
1
Buah
1.350.000
1.350.000
6
Tv 24 in
2
Buah
1.500.000
3.000.000
7
Sound radio
1
Buah
650.000
650.000
JUMLAH
24.100.000






NO.
KETERANGAN
HARGA
JUMLAH
1
Peralatan (penyusutan 5 th) 7.714.500
374.475
374.475
2
Angkringan (penyusutan 8 th) 10.000.000
100.000
100.000
3
Fasilitas (penyusutan 5 th) 14.100.000
451.200
451.200

Sistem tata letak penyusunan tempat  diatur sesederhana mungkin mulai dari pintu masuk sebelah kiri untuktempat bersantai yang sedikit tertutup bagian belakang ada rental PS dan di tengah tempat lesehan beralaskan tikar belangkangnya gerobak untuk memilih makanan sendiri  dan di sebelah kanan lesehan dan rental PS


 








aspek manajemen pada dasarnya menilai para wirausaha dan struktur organisasi yang ada. Usaha akan berhasil apabila dijalankan oleh orang-orang yang profesional dan bertanggung jawab mulai dari merencanakan, melaksanakan hingga hingga mengendalikannya agar tidak terjadi penyimpangan
Aspek Manajemen sangatlah penting dalam suatu perusahaan. Dengan adanya manajemen suatu usaha dapat terorgnisir dengan baik. Hal ini dikemukakan oleh Johan (2011), Aspek ini termasuk yang paling penting karena aspek ini terkait fungsi koordinasi dan singkronisasi antara semua faktor produksi yang ada. suatu proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang – orang serta sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan. Visi dan misi wajib ditentukan dalam aspek ini, sehingga semua faktor produksi bisa diarahkan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berikut biodata usaha ini :
1.      Nama Wirausaha                 : “ Angkringan De Bambooe”
2.      Nama Pimpinan                   : Muhammad Syaifudin
3.      Alamat                                 : Jl K.H Wahid Hasyim desa bapangan
  kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara
4.      Lokasi                                  : dekat SPBU Bapangan, Tahunan
5.      No. Telp./Hp                        : 089648002970
6.      e-mail                                   : ifunsyaifudin@gmail.com
7.      Bidang Usaha                      : Makanan tradisional
Didalam merencanakan sebuah bisnis perlu adanya visi dan misi dalam mendirikanya tujuannya adalah untuk memperluas kesempatan usaha, memperluas lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja yang terus bertambah jumlahnya. Untuk membuka usaha ini tidak membutuhkan karyawan terlalu banyak cukup 5 karyawan saja tentunya usaha ini dapat berjalan.

Ø  Menjadi wirausaha kuliner yang tetap merakyat disemua kalangan tanpa melihat status sosial yang ada.
Ø  Menjadi usaha yang memprioritaskan pelanggan karena pelanggan adalah raja
Ø  Mewujudkan Angkringan  De Bambooe bernuansa jawa namun berteknologi

Ø  Menyediakan makan cepat saji yang sehat dengan memperhatikan kualitas kebersihan dan kualitas produk.
Ø  Memberikan harga yang murah tapi tidak merugikan dan tidak menguras kantong.
Ø  Menyediakan tempat yang nyaman untuk berkumpul yang didukung adanya wifi
Ø  Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
Ø  Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor jawa.

c.       Adapun Nilai Bisnis Angkringan de Bambooe ini adalah
Membantu program pemerintah dalam menuntaskan pengangguran di daerah setempat khususnya tahunan dan di daerah sekitar  pada umumnya, dan membantu para pelajar/ mahasiswa dalam penyediaan tempat berkumpul dan mengerjakan tugas.



d.      Rencana strategis
Strategi pemasaran bisa dilakukan dengan sangat gampang. Pertama, pelayanan yang baik tersebut harus dilakukan terus menerus agar banyak pelanggan yang makan di angkringan kita. Kedua, menjaga kualitas kuliner yang di tawarkan. Ketiga, kami juga memilih lokasi strategis di dekat kost-kostan, di dekat kontrakan, di tempat yang banyak orang nongkrong dan mempunyai suasana yang bagus dan indah agar pelanggan betah betah berada di angkringan kita. Keempat, melakukan promosi dengan banner, spanduk, dan brosur
e.       Rencana buka sampai tutup Angkringan De Bambooe
Rencana dalam pembukaan Angkringan De Bamboe mulai jam 12 siang sampai jam 10 malam kecuali hari minggu sampai jam 1 malam.

Organisasi adalah kumpulan dari beberapa manusia yang berintegrasi dan bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang telah dibuat. Dalam menjalankan usaha Angkringan De Bambooe membutuhkan beberapa tenaga kerja agar lebih cepat dan efisien. Oleh karena itu kami menyusun suatu struktur organisasi, sebagai berikut:
Ø Pimpinan - SDM dan Umum                   : Muhammad Syaifudin
Ø Bag. Kasir dan keuangan                         : Riska Deviana
Ø Bag. Belanja dan operasional                   : Burhan dan cita sari
Ø Bag. Memasak dan belanja                      : Ayang dan  Elisa



a.   
Pimpinan
SDM dan Umum
 
Struktur Organisasi Angkringan De Bambooe












Bagian
Memasak & Pelayanan
 
 







b.   jumlah karyawam yang dibutuhkan.
Jabatan
Jumlah
Bag.  Belanja & Operasional
2
Bag. Keuangan dan kasir
1
Bag. Memasak,  dan pelayanan
2

c.    Job Discription
1.    Pimpinan : Memimpin, mengawasi, dan terus memantau perkembangan usaha yang di geluti, serta membuat keputusan – keputusan dan perencanaan pengembangan usaha yang memiliki prospek sesuai dengan kebutuhan konsumen maupun pelanggan atas dasar kesepakatan bersama/musyawarah.
2.      Bagian Pemasaran dan operasional: Memperkenalkan, memasarkan, mempromosikan, serta memberi sistem pelayanan terbaik kepada konsumen/pelanggan,  Melakukan survai target lokasi, Menentukan dan menganalisa sarana dan prasarana,
3.      Bagian keuangan dan kasir: membat laporan keuangan, Menentukan prosedur penetapan dan perhitungan pembelian bahan baku, membuat neraca dan laporan laba rugi dan menerima pembayaran langsung dari konsumen, Mencatat secara langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen. Memberikan rangkapan bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
4.      Bagian memasak dan belanja : belanja bahan bahan pokok, memasak dan membungkus makanan, melayani konsumen.

Pemilik mengarahkan karyawannya untuk bekerja saling membantu apabila job jobnya sudah di selesaikan dapat membantu karyawan yang lain untuk mengefesiensikan tenaga kerja, hal ini dimaksud untuk menjalin rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan karyawan setempat.

a.    Kebijakan Personalia
·      Ijin, Sakit, dan Mangkir Cuti
Setiap karyawan diberikan ijin tidak masuk jika dengan alasan sakit dan kejadian duka keluarga inti. Dalam ijin ini bisa melalui via telepon
·         Tunjangan - tunjangan
Perincian tunjangan yang diberikan kepada karyawan adalah sebagai berikut:
1)        Tunjangan Hari Raya (THR)
Tunjangan hari raya diberikan kepada karyawan dengan masa kerja lebih dri satu tahun. Jumlah tunjangan setara dengan setengah dari gaji pokok.
2)        Tambahan ketika angkringan mencapai target
Tunjangan bagi hasil akan diberikan kepada karyawan yang produktif dan  mencapai target penjualan.



a.       Adapun tujuannya adalah:
1.        Menghentikan atau meniadakan kesalahan, penyimpangan, penyelewengan, pemborosan, hambatan, dan ketidakadilan
2.        Mencegah terulangnya kembali kesalahan, penyimpangan, penyelewengan, pemborosan, hambatan, dan ketidakadilan
3.        Mendapatkan cara-cara yang lebih baik atau membina yang telah baik
4.        Menciptakan suasana keterbukaan, kejujuran, partisipasi, dan akuntabilitas organisasi
5.        Meningkatkan kelancaran operasi organisasi
6.        Meningkatkan kinerja organisasi
7.        Memberikan opini atas kinerja organisasi
8.        Mengarahkan manajemen untuk melakukan koreksi atas masalah-masalah pencapaian kerja yang ada
9.        Menciptakan terwujudnya organisasi yang bersih

b.        Penilaian Kinerja Karyawan
Dalam penilaian ini perusahaan membuatkan absensi untuk keberangkatan karyawan Seluruh karyawan saat tiba wajib melakukan absensi masuk untuk mengetahui masuk tidak nya karyawan dan mempermudah dalam sistem penggajiannya dan dari sistem ini maka pemilik akan mengetahui kinerja karyawan.
c.         Keselamatan dan Kesehatan kerja
Karyawan di kasih ruangan khusus untuk solat dan istirahat dan di fasilitasi kipas angin ketika jam istirahat.
d.        Mekanisme PHK
dalam hal ini PHK bagi karyawan yang melakukan kesalahan akan di kasih arahan dan bimbingan terlebih dahulu, dan kalau sudah melampaui batas yang mengakibatkan kerugian maka langsung diberhentikan.


5.1.        Kesimpulan
Menu yang akan disajikan di dalam warung angkringan adalah nasi teri, nasi rames, nasi jeroan, dan untuk menemani menyantap nasi kucing  disediakan juga aneka macam gorengan seperti mendoan/tempe goreng, tahu isi, bakwan, tape goreng, pisang goreng, tape goreng, sate usus, sate telur, sayap ayam, ceker ayam yang di bumbu bacem sebagai menu andalan produk warung angkringan . Minuman yang disediakan juga beragam, seperti teh panas/ teh anget, es teh, kopi/ es kopi, susu /es susu, jeruk panas/ jeruk anget, es jeruk, wedhang jahe, susu jahe/ es susu jahe.popice ,-trajos
Untuk memasarkan Angkringan ini, kami memberi informasi kepada masyarakat dari mulut ke mulut, media elektronik,dan memasang banner dan dalam hal ini kami memasang hostpot gratis serta merentalkan ps dan internet dan dalamh al ini Pendapatan – Biaya Operasional- Biaya Penolong- Pembelian omzet perbulan sebesar Rp 26.415.000. Keuntungan bersih dari usaha warung angkringan : Rp 26.415.000 – Rp 4.250.000- Rp. 18.150.000 / Bulan. = 4.015.000

5.2.        Saran
Dalam berbisnis angkringan harus lah tekun untuk mendapatkan pasar apa lagi masyarakat disana yang belum tentu mau menerima masakan sederhana seperti nasi kucing. Sediakan berbagai fasilitas pendukung seperti wifi gratis atau pun Televisi atau pun radio supaya memberikan kesan moderen dan nyaman berlama-lama di warung angkringan.

2 komentar:

  1. Sangat jelas sekali dalam isi proposal ini

    BalasHapus
  2. Mummy's Gold Casino - Casino in NV - Mapyro
    Mapyro is 제주 출장샵 a Las Vegas casino located in Nevada near Muhle Street 성남 출장샵 and Mohegan 메이저 토토 사이트 Sun, with slot machines, blackjack, and poker 광주 출장샵 at 김제 출장샵 the top.

    BalasHapus